PEMULIHAN EKONOMI KORBAN BENCANA SELAT SUNDA (PANDEGLANG)

ASSESSMENT

Kegiatan ini adalah untuk mendukung program yang akan kami laksanakan dalam hal pemulihan perekonomian korban bencana selat sunda pada lokasi Desa Tunggal Jaya yaitu dengan cara melakukan pengambilan data menggunakan metode wawancara dengan warga HUNTARA dan kunjungan ke lokasi bencana, diharapkan data-data yang kami kumpulkan dapat menjadi dasar dalam hipotesa yang akan di tuangkan ke dalam suatu proposal dengan tema “Pemulihan Ekonomi Korban Bencana Selat Sunda Desa Tunggal Jaya Kec. Sumur Ujung Kulon Pandeglang”. 

Untuk HUNTARA Desa Palingping Kecamatan Sumur Ujung Kulon Kabupaten Pandeglang dihuni oleh 62 jiwa atau 20 Kepala Keluarga yang mana 17 Kepala Keluarga adalah warga Desa Tunggal Jaya, untuk sisanya 3 Kepala Keluarga adalah warga Desa Cigorondong jaraknya ± 1 Km dari Desa Tunggal Jaya.

Permintaan warga HUNTARA sendiri adalah perlengkapan nelayan seperti perahu fiber termasuk mesin dan jaring ikan untuk kisaran harganya adalah Rp. 25 juta, apabila perahu terbuat dari kayu harganya adalah Rp. 17 juta. Secara draft rencana anggaran biaya dapat kami simpulkan budget yang dibutuhkan adalah sebesar ± Rp. 522 juta.

Alternative dalam hal pemulihan ekonomi seperti budidaya pernah disampaikan didalam diskusi dengan warga HUNTARA akan tetapi mereka bingung terkait dengan issue penampungan hasil produksi dikarenakan warga desa setempat hanya terpaku pada kegiatan nelayan dan petani, kecuali kondisi akan berubah ketika investor baik asing ataupun lokal melakukan investasi dalam hal tersebut.